Rabu, 20 November 2013

Kutipan Abstrak dan Daftar Pustaka



ABSTRAKSI


Teknologi pada telepon seluler kini tidak hanya dapat digunakan untuk telepon dan mengirim pesan pendek saja, melainkan juga dapat mengirim atau menerima email, menuntun perjalanan dengan menggunakan GPS, memutar musik dan video, memotret suatu gambar, merekam suara dan video, browsing internet, bermain game dan aplikasi pembelajaran. Pembelajaran pengetahuan mengenai provinsi di Indonesia biasanya diperoleh melalui pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, buku dan internet, namun sekarang dapat diperoleh melalui media baru yaitu telepon seluler.
Tulisan Ilmiah ini berisi aplikasi pembelajaran provinsi di Indonesia yang diimplementasikan pada telepon seluler berbasis Android. Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler berbasis linux keluaran dari Google. Banyak pengembang aplikasi tertarik dengan teknologi Android ini karena memiliki basis sistem operasi open source.

Aplikasi ini dibangun dalam beberapa tahap. Pertama dimulai dengan merancang tampilan-tampilan yang ada di aplikasi ini. Selanjutnya memulai pembuatan aplikasi ini dengan pengkodean menggunakan bahasa pemrograman java pada Eclipse Helios. Kemudian dilakukan uji coba menggunakan Emulator Android AVD 2.2 dan setelah itu diimplementasikan ke telepon seluler tipe Samsung Galaxy Ace Plus GT-S7500. Aplikasi Pembelajaran Provinsi di Indonesia ini berisi informasi dari 34 provinsi yang ada di Indonesia disertai dengan gambar, suara, serta latihan soal pilihan ganda.




DAFTAR PUSTAKA

[1]     Agus Haryanto “Belajar Android Pengenalan Database Android Bersama Agus Haryanto”, http://agusharyanto.net/wordpress/?p=317, 2010.


[2]     Android Developer Get The Android SDK”, http://developer.android.com/sdk/index.html, 2011.


[3]     Duniatehnikku “Sejarah Perkembangan Provinsi Di Indonesia”, http://duniatehnikku.wordpress.com/2011/04/26/sejarah-perkembangan-provinsi-di-indonesia/, 2011.


[4] Laskar Pelangi Anak Bangsa “Nama 34 Provinsi Di Indonesia”. http://laskarpelangianakbangsa.blogspot.com/2012/03/nama-33-provinsi-di-indonesia-tarian.html, 2012.


[5]     Mulyadi. Membuat Aplikasi Untuk Android. Yogyakarta:Multimedia Center Publishing. 2010.


[6]     Omayib “Tutorial Android Aplikasi Menampilkan ListView Sederhana”, http://omayib.com/2013/05/24/tutorial-android-aplikasi-menampilkan-listview-sederhana/, 2013.


[7]     Supardi, Yuniar. Semua Bisa Menjadi Programmer Android. Jakarta:PT Elex Media Komputindo. 2011.


[8]  Wikipedia Indonesia “Android (Sistem Operasi)”, http://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi), 2013.


[9]     Wikipedia Indonesia “Indonesia”, http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia, 2013.


[10]   Wikipedia Indonesia “Java”, http://id.wikipedia.org/wiki/Java, 2013.

0 komentar:

©MISTIN HERAWATI - Powered ByBlogger Thanks to Blogger Templates | punta cana dominican republic